Sabtu, 06 Agustus 2011

menggambar dari angka

menggambar dari angka  
ANGKA 3 TERDIRI DARI DUA GARIS 
LENGKUNG KANAN.TERNYATA
 BISA JUGA DI JADIKAN GAMBAR BURUNG




dari angka 3
warnai sesuai imajinasi mu tentang burung
gambar burung dari angka 3

menggambar dari Angka

Add caption
menggambar dari angka 2 ,ternyata angka 2 tiddak hanya bisa jadi gambar bebek ,tapi bisa juga di jadikan gambar lain yang menarik ,misalnya gambar ikan .menggambar kreatif ini mengajak anak ,kreatif ,mengenal angka,berpikir kritis,dan gemar menggambar

MENGGAMBAR DARI LINGKARAN

 MENGGAMBAR LINGKARAN YANG DISUSUN JADI GAMBAR BUNGA


menggambar kreatif dari Bentuk Lingkaran

 lingkaran bisa jadi gambar apa saja ,salah satunya planet













menggabung dua bentuk lingkaran .lingkaran bola ,dan oval

warnai sesuai imajinasimu


Buat lingkaran sesuai urutantambahi dengan garis seperti di urutan ke2,3,dst. dari kiri
jangan ragu ragu







gbr anak ayam
ini sdh siap di warna sesuai selera imajinasi

poto kegiatan

dongeng di dalam pantomim tantangan baru
lebih mengembangkan imajinasi multi taksir







































pentas bersama teater keliling di PRJ .festifal cap go meh




 

Rabu, 03 Agustus 2011

karya mural di togamas probolinggo

mari peduli dan berbagi dengan anak anak di dunia anak anak

tiga pencari ikan

kisah tiga pencari ikan
by kak Ajis pada 19 Mei 2011 jam 1:46
tiga orang pencari ikan sedang sibuk mencari buruannya ,dari jauh mereka kelihatan sibuk mencari ikan di dalam sebuah kolam besar ,berlari kesana kemari mengejar ikan ikan yang ingin di tangkapnya .ketiganya sibuk dengan gaya dan cara masing masing.tetapi kalau diamati ternyata ketiganya memiliki cara tersendiri dan mempunyai keinginan sendiri.
pencari ikan yang pertama berusaha menangkap ikan yang kecil kecil dengan alasan ikan kecil gampang di tangkap.
pencari ikan kedua berusaha mencari ikan yang besar besar saja dengan alasan sekali dapat ikan besar pasti semua orang akan memuji kehebatannya ,tapi tak seekor ikan pun tertangkap olehnya kalaupun hampir tertangkap ikan ikan besar dengan cepat berenang ke bawah.sedang pencari ikan ke tiga berusaha menangkap ikan kecil dan ikan besar sekalaian
alasannya biar dapat semua..
pencari ikan pertama mendapat perolehan yang sangat banyak,sementara pencari ikan kedua hanya sibuk kesana kemari dan belum mendapat ikan seekorpun ,pencari ikan ke tiga hanya mendapatkan hasil sedikit.itupun ikan kecil.
pada akhirnya pencari ikan pertama berhasil mendapat perolehan paling banyak.

cintailah pekerjaanmu,dengan segenap jiwa ragamu..dan jangan melirik yang lain sebelum kau tahu jelas apa yang kau lirik ,sesuatu yang di kerjakan dengan segenap jiwa raga tentu membuahkan hasil yang menggembirakan.Kak Azis

bukan sekedar dongeng: menggambar kreatif utuk anak anak

bukan sekedar dongeng: menggambar kreatif utuk anak anak: " bentuk lingkaran yang di jadikan gambar kepiting Kreatif menggambar dari angka"

menggambar kreatif utuk anak anak

           bentuk lingkaran yang di jadikan gambar kepiting





Kreatif menggambar dari angka




Selasa, 02 Agustus 2011

kupu kupu

Ulat Bulu Yang Baik Hati
oleh Kak Azis Franklin Suprianto pada 09 Mei 2011 jam 17:08
di sebuah taman bunga hiduplah seekor ulat bulu,yang tinggal di sebuah pohon bunga bakung
setiap hari ulat bulu selalu bermain diatas daun daun bunga bakung .
suatu hari ulat bulu berjalan diatas daun bakung ,sedang asyik asyiknya berjalan sambil bernyanyi riang
tiba tiba dia dikejutkan oleh suara kawanya....pergi pergi jangan dekat dekat aku takut sama kamu ,aku jijik
melihatmu ...hiii  hiiiiii sana sana...Ulat bulu terkejut ...eh ternyata kamu belalang kok kamu tidak mau main sama aku lagi?
dulu kan kita bermain bersama ...kata si ulat bulu,
"iya dulu kamu belum tumbuh bulu sekarang kok tambah jelek serem .!
iya dia menjijikkan sana pergi jauh sana aku juga takut ,kata si capung.
"eh ada capung juga apa kabar Capung?
"kabarnya nggak baik karena aku jijik sama kamu sana menjauh.!!

Ulat bulu berusaha menjelaskan tapi teman teman tetap mengusirnya.
dengan sedih dia meninggalkan teman temannya dan ulat bulu pun bersembunyi dari kawan kawanya.
ternyata ulat bulu tidak sekedar bersembunyi,ternyata diapun berdoa setiap hari agar Tuhan mengampuni dosa kedua orang tuanya dan berkenan memberikan keindahan pada tubuhnya ,supaya teman teman mau menerimanya dan mau bermain bersama lagi,dia juga memohonkan ampun  teman temannya  yang telah mengejeknya untuk diampuni dosa dosanya.sambil berdoa tiap hari ulat bulu berusaha menyembunyikan diri dengan menutupi tubuhnya yang akhirnya di sebut kepompong.
beberapa hari kemudian ternyata doa ulat bulu di kabulkan , dari punggungnya tumbuhlah  sayab yang indah dan tubuhnya berubah jadi langsing dan indah.jadilah dia seekor kupu kupu yang indah .
tibalah saatnya si ulat bulu keluar dari persembunyianya , dia sangat terkejut menyaksikan tubuhnya telah berubah apalagi ketika sayapnya di kepakkan tubuhnya jadi ringan dan dia bisa terbang,ulat bulu yang sudah berubah jadi kupu kupu itupun bersyukur dan berdoa mengucapkan terimakasih pada Tuhan yang telah mengabulkan doanya .dia ingin bertemu teman temannya....di kunjungilah ...tempat bermainnya dulu ,dan disana ada belallang dan capung kawan lamanya sedang asyiikbermain .ulat bulu yang sudah berubah jadi kupu kupu menyapa mereka dengan ramah .
"hai kawan kawan ,hello my friends how are you?
belalang terkejut dan kagum pada keindahan sayab kupu kupu.demikian juga si capung.mereka hampir bersamaan berteriak.wow makhluk dari mana ini betapa indahnya sayabmu...dan betapa merdu suaramu ...siapa namamu?
kupu kpu menjawab..."aku kawanmu ,lupa ya...
belalang berkata.ah kita belum pernah ketemu kan?
"yaampuun belalang ,aku ulat bulu yang kawanmu.
" bohong !!! kata si capung
" iya ,kalau tidak percaya ,aku bisa menunjukkan bukti bukti .lihat di ujung sana ada benda yang menggelantung seperti kantung itu ,itu adalah bulu buluku yang rontok dan aku jalin jadi selimut ,aku namai itu kantong kepompong.
masih ingat kan yang coklat kehitaman itu bulu buluku....
memang aku bersembunyi dalam kepompong dan berdoa ,akhirnya doaku di kabulkan jadilah aku seperti ini .ddan namaku adalah kupu kupu.
"maafkan aku ya kupu kupu ,dulu aku mengusirmu,"iya aku juga minta maaf ya kupu kupu.belalang dan capung minta maaf.
Kupu kupu tersenyum dan memaafkan teman temannya .sejak kejadian itu mereka bermain bersama lagi .
dalam hati belalang berjanji untuk tidak mengulangi lagi mengolok olok dan mengejek temanya.demikian juga si Capung.
nah ....kawan kawan marilah saling memaafkan kalau ada kesalahan .dan bersahabat dengan siap saja tanpa membeda bedakan .walaupun ulat bulu disakiti tapi dia tidak merasa sakit hati dan malah mendoakan temanya.terimakasih.....mari berlomba lomba dalam hal kebenaran dan kebaikan.

pengertian dongeng


Pengertian DONGENG
PENGERTIAN DONGENG

Dongeng termasuk dalam cerita rakyat lisan. Menurut Danandjaja (1984) cerita rakyat lisan terdiri atas mite, legenda, dan dongeng. Mite adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan dianggap suci oleh yang empunya cerita. Mite ditokohkan oleh para dewa atau makhluk setengah dewa. Peristiwanya terjadi di dunia lain, bukan di dunia seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadi pada masa lampau. Sedangkan legenda adalah cerita rakyat yang mempunyai cirri-ciri mirip dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Legenda ditokohkan oleh manusia, walaupun kadang-kadang mempunyai sifat luar biasa dan sering kali dibantu oleh makhluk-makhluk ajaib. Tempat terjadinya adalah di dunia seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadinya belum terlalu lampau. Sebaliknya, dongeng adalah cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral, bahkan sindiran.


Menurut Anti Aarne dan Stith Thompson, dongeng dikelompokkan dalam empat golongan besar, yaitu :

1. Dongeng binatang

Dongeng binatang adalah dongeng yang ditokohi oleh binatang peliharaan atau binatang liar. Binatang-2 dalam cerita jenis ini dapat berbicara atau berakal budi seperti manusia. Di Negara-negara Eropa binatang yang sering muncul menjadi tokoh adalah rubah, di Amerika Serikat binatang itu adalah kelinci, di Indonesia binatang itu Kancil dan di Filipina binatang itu kera. Semua tokoh biasanya mempunyai sifat cerdik, licik dan jenaka.

2. Dongeng biasa
Dongeng biasa adalah jenis dongeng yang ditokohi manusia atau biasanya adalah kisah suka duka seseorang, misalnya dongeng Ande-Ande Lumut, Joko Kendil, Joko Tarub, Sang Kuriang serta Bawang Putih dan Bawang Merah.

3. Lelucon atau anekdot
Lelucon atau anekdot adalah dongeng yang dapat menimbulkan tawa bagi yang mendengarnya maupun yang menceritakannya. Meski demikian, bagi masyarakat atau orang menjadi sasaran, dongeng itu dapat menimbulkan rasa sakit hati.

4. Dongeng Berumus
Dongeng berumus adalah dongeng yang strukturnya terdiri dari pengulangan. Dongeng ini ada tiga macam, yaitu dongeng bertimbun banyak (cumulative tales), dongeng utk mempermainkan orang (catch tales), dan dongeng yang tidak mempunyai akhir (endless tales)

Pada mulanya kegiatan bercerita atau menuturkan cerita hanya dilakukan dan ditujukan untuk orang dewasa, misalnya para prajurit, nelayan, dan musafir yang sering kali tidur di tenda-tenda. Biasanya yang diceritakan adalah cerita-cerita rakyat yang diturunkan secara turun temurun dari mulut ke mulut.

Na
mun, pada beberapa kebudayaan, para orang tua dan muda berkumpul bersama untuk mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh seorang tukang cerita atau pendongeng yang di beberapa kebudayaan biasanya merangkap sebagai tabib. Selain menyampaikan hiburan, pendongeng biasanya juga menyampaikan atau mengajarkan adat kebiasaan dan moral kepada orang muda

Masyarakat Indonesia sudah mengenal dongeng sejak zaman dulu. Di Sumatra misalnya, ada orang yang biasa disebut “pelipur lara”. Pelipur lara adalah punggawa kerajaan yang bertugas menghibur raja, permaisuri, dan anggota keluarga istana lainnya. Di Aceh tukang cerita disebut “pmtoh (kope)”, sedangkan di Jawa ada yang disebut sebagai “tukang kentrung”. Tukang kentrung berkeliling dari satu tempat ke tempat lain sambil membawa semacam tambur yang disebut “terbang”. Di Jakarta (Betawi) ada “syahibul hikayat”. Mereka mendongeng sambil diiringi alat-alat tersebut dan cerita-cerita yang dituturkan biasanya bersifat religius atau magis.

Pada perkembangan selanjutnya, kegiatan mendongeng kemudian diambil alih oleh para pengasuh anak, orang tua, serta nenek dan kakek, terutama sejak ditemukannya mesin cetak pada abad kelima belas atau tepatnya pada tahun 1450, sehingga penuturan cerita yang biasanya dilakukan oleh para penutur cerita tradisional semakin menyurut karena orang mulai membaca buku cerita sendiri.

Kini kegiatan bercerita atau menuturkan cerita secara lisan, yang biasanya dilakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya, lebih sering disebut mendongeng. Di Indonesia cerita-cerita yang didongengkan bermacam-macam, bisa berupa mite, legenda, atau dongeng. Cerita-cerita tsb kemudian menjadi bagian dari budaya masyarakat dan kegiatan mendongeng menjadi sebuah tradisi yang diturunkan secara turun temurun. Cerita atau dongeng yang disampaikan biasanya berisi pesan moral dan ajaran-ajaran budi pekerti bagi pendengarnya, dan biasanya disampaikan dengan bahasa kiasan atau dengan kalimat yang diperindah.

Dongeng berkembang terus baik bentuk maupun cirri-cirinya. Beberapa dongeng biasanya dihafalkan oleh si pendongeng hingga ia bisa menceritakannya ulang kepada para pendengar, dan akhirnya pendongeng akan selalu punya keinginan mendongeng. Dongeng itu sendiri banyak ragamnya, tergantung dari latar belakang budaya tempat dongeng itu berada atau berasal. Meski demikian, dongeng tidak seratus persen menjadi cerminan dan karakter masyarakat tempat dongeng itu berkembang. Boleh juga dikatakan dongeng dan mendongeng sebagai cerminan atau jejak akar budaya daerah tempat munculnya kebiasaan-2 dari kehidupan masyarakatnya. Namun, masyarakat di Jepang tidak menganggap cerita di dalam dongeng benar-benar terjadi. Hal ini disebabkan karena dongeng tidak terikat pada tempat dan waktu, dan juga tidak terikat siapa yang harus mendongeng.

Mendongeng harus dilakukan dengan cara-cara yang benar, seperti orang tua yang sedang memberi nasihat atau mengajarkan sesuatu kepada anaknya, yaitu harus dilakukan dengan cara lemah lembut dan penuh kasih sayang. Di beberapa Negara, seperti Indonesia, Jepang, atau Filipina, dongeng seringkali disampaikan dengan menggunakan alat peraga berupa boneka atau wayang (traditional puppet)

Seorang budayawan dan ahli sastra yang peduli akan pelestarian cerita-cerita rakyat, khususnya cerita bagi anak-anak Indonesia, Ibu Faizah Sulaiman Bustam Kamri, menyatakan bahwa sastra rakyat – khususnya sastra lisan – boleh dijadikan sumber pengajaran yang menarik bagi pengajaran bercerita. Di dalam kuliahnya, Ibu Faizah menegaskan bahwa di dalam bercerita juga diperlukan adanya ketertarikan pada sastra, dan kemampuan atau skillyang dimiliki seseorang akan membantu mengalirkan cerita menjadi sastra lisan. Secara tidak langsung penutur cerita dapat disebut sebagai pendongeng, karena biasanya ia sudah mampu untuk menguasai bagian-bagian yang harus dikuasai oleh seorang pendongeng, misalnya mengatur alur cerita dan juga mampu mengatasi emosi para pendengar dongengnya, dan terutama emosinya sendiri.

Hal penting yang akan Anda dapatkan saat mendongeng, yaitu secara tidak sadar Anda akan mengungkapkan imajinasi dan pikiran Anda dengan cara bermain dan gembira. Saat mendongeng, Anda akan dapat menumpahkan perasaan dan emosi positif, menunjukkan jati diri, bersosialisasi, memberikan pengetahuan kepada orang lain, memberikan kegembiraan kepada orang lain, menebarkan pesona yang terpendam dalam diri Anda yang selama ini belum terungkap, dan juga menciptakan pertemuan kecil yang amat bermanfaat.

Khusus bagi anak, dongeng dapat memberikan rangsangan bagi kecerdasan anak, karena melalui kegiatan bermain, bercanda, dan berinteraksi, maka kemampuan berpikir logis dan rasional akan terpacu sehingga membantu percepatan belajar anak (accelerated learning). Dampak positif yang nyata pada anak adalah munculnya perkembangan dan kemampuan emosi (emotional quotion) anak dengan sendirinya (tanpa paksaan) sehingga akan terbentuk sikap kreatif, ramah, mudah bergaul, spontan dalam merespons sekitarnya, dan terbangun empati pada lingkungan dan orang lain yang ada disekitarnya.

Ada baiknya kita menepis kesalahpahaman terhadap dongeng sebagai bualan, omong kosong, atau cerita bohong belaka. Sebaliknya, bila kita menaruh empati dan harapan positif pada dongeng, niscaya kita akan menggali dan mendapatkan manfaat yang berlimpah dari dongeng dan mendongeng.

Setelah memahami arti dongeng dan mendongeng, maka penulis akan mengajak pembaca utk melaksanakan dan merealisasikan keinginan untuk mendongeng yang selama ini terpendam.

Penulis, Kak Agus DS


Posted by Linaleebon

Senin, 01 Agustus 2011

dua jam bertemu anak anak dirumah

semua orang tua ,pada dasarnya ingin memberikan yang terbaik pada putra -putrinya.bahkan kalau memungkinkan anak - anak bisa memperoleh pendidikan yang terbaik .untuk menyekolahkan anak di sekolah berkualitas atau faforit memerlukan biaya yang tidak sedikit,itulah sebabnya maka kedua orang tua sama sama bekerja keras sehingga waktu bertemu dengan anak anak sangat terbatas.pagi hari kedua orangtua hanya sempat bertemu anak anak pada saat sarapan pagi menjelang berangkat kerja ,dan anak anak bersiap ke sekolah hingga pukul 15.00.demikian juga orang tua mereka .kedua orang tua pulang kerja sekitar pukul 16.30.itupun kalau tidak ada lemburan.sampai dirumah melihat anak anak sedang mengerjakan tugas tugas sekolah .dan bertatap muka dengan mereka pada saat makan malam dan kalau memungkinkan nonton TV bersama ,itupun orang tua sudah mengingatkan pada anak anak bagaimana bukunya untuk besuk sudah disiapkan belum?tugas sekolah dan tugas dari les sudah di kerjakan apa belum?spontan anak anak masuk kamarnya menyiapkan buku sekolah dan menyelesaikan tugasnya .kalau tidak mereka langsung berangkat tidur.demikian berlaku setiap harinya...lalu bagaimana jalinan komunikasi yang terjadi ,yang jelas anak ank dan orang tua menjadi kaku dan formal dalam berkomunikasi .apakah di keluarga kita terjadi hal seperti ini?
sebagai orangtua kadang terbersit rasa kasihan pada mereka bukan .
nah sebagai sarana komunikasi yang dapat mencairkan suasana ini,ada salah satu solusi yang masih bisa di manfaatkan yaitu dengan "Dongeng" menjelang tidur untuk bekal mimpi mereka sekaligus sebagai pencair suasana yang penuh kasih sayang.hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit menjelang mereka tidur.
memang pertama kali barangkali agak canggung dan aneh bila kita tiba tiba mendekati mereka dan mendongeng .untuk menghindari kekakuan itu berikut ini saya ada beberapa tips yang barangkali berguna.
  • memahami buku kesukaan buah hati kita, bisa kita tanyakan pada mereka
  • ajak berdialog tentang buku yang di baca 
  • sekali sekali belikan buku yang disuka 
  • ajak ngobrol tentang sekolahnya ,kawan kawannya ,pelajaran yang disuka,dsb.
  • setelah kecanggungan berangsur angsur hilang kita bisa memulai membacakan dongeng yang sesuai dengan kesukaannya .dan pesan moral yang hendak disampaikan dari dongeng itu sendiri
  • ajak berdiskusi ringan tentang karakter tokoh cerita ,lalu tanyakan pada buah hati kita mana yang menurut nya patut di teladani?
  • sampaikan pada buah hati kita bahwa ayah bunda sangat sayang pada mereka ,berilah sugesti bahwa  mereka adalah anak yang pandai ,baikdan sayang pada orang tua.
ucapkan selamat tidur dan ajaklah berdoa bersama .(Ini bila putra putri kita sekolah fullday )dan kedua orang tua sama - sama bekerja.



*sebagai catatan :anak anak ibarat tanaman bunga kita berusaha dan bekerja keras untuk memupuk ,merawat,dan menjaganya tetapi proses bunga mulai kuncup hingga mekar kita hanya bisa melihat hasilnya betapa indah kelopaknya harum mewangi aromanya.kalau kelopak bunga kita paksa mekar maka bunga itu justru menjadi rusak dan layu.kak.Azis.













sekolah